Thursday, October 22, 2009

Blog ini Dapat Sitelinks

Blog gratisan ini dapat sitelinks dari google. Ketika saya iseng mencari keyword nama domain saya yaitu "Pancallok" di search google 2 hari yang lalu, tapi mungkin sitelink ini sudah ada beberapa hari yang lalu atau  beberapa bulan yang lalu. Karena saya sangat jarang mengeceknya. Kalau blog ini dapat sitelink pada 2 hari yang lalu tepatnya 21 Oktober 2009, artinya cukup membutuhkan selama 10 bulan untuk mendapatkan sitelinks ini, Blog ini lahir pada bulan Januari 2009 kemarin.

Saya di buat heran karena terdapat banyak tambahan link di bagian bawah blog saya ini. Pada hasil SERP dengan keyword "Pancallok", tampaknya google menambahkan beberapa link artikel saya yang lainnya. Apa itu sitelink? kenapa bisa dapat sitelink? dan apa manfaatnya jika blog kita mempunyai sitelink? Mari kita cari bersama yak, karena saya juga tidak tahu. Saya tidak pernah mengopretnya atau dengan sengaja sehingga mendapat sitelink.



Dari gambar di atas terlihat beberapa tambahan link di bawah blog saya yang blogspot ini. Tapi sayang banget kok ntu yang nomor urut 2 hasil SERP dengan keyword Kenali dan Kunjungi Obyek Wisata Di Pandeglang tidak masuk dalam jajaran/daftar sitelink itu yak,hihih.

Apa itu Sitelinks? Anda pasti sudah mengerti dengan melihat tampilan gambar di atas, jadi saya tidak perlu panjang lebar menjelaskannya. Sitelinks adalah bla bla bla, mending langsung aja ke artikel Apa itu Sitelink di blog wordpres tutorial ku yak, itung2 mau nebeng popularitas,xixixix....

Kenapa bisa dapat sitelinks? Kalau yang ini biar saya yang jawab yak, blog kita mendapatkan sitelinks karena mungkin saja dominan artikel kita ini sangatlah bermanfaat buat pengguna informasi, sehingga google memberikan apresiasi dengan memberikan sitelink ini untuk memudahkan pengunjung/pengguna informasi mendapatkan informasi lebih cepat. Wah, ini berarti di blog ini artikel-artikelnya sangat bermanfaat dimata pengunjung dan search engine google,heheh. Kenapa bisa dapat sitelinks mungkin juga karena beberapa artikel itulah yang paling tinggi tingkat impresinya (sering muncul di SERP) dan juga tinggi klik clickthroughnya (Sering di klik pada hasil pencarian di SERP).

Apa manfaatnya memiliki sitelinks? sudah jelas manfatnya dengan mendapatkan sitelinks dari google ini maka pastinya google manaruh perhatian besar kepada blog kita bahwa memang sangatlah bermanfaat isinya. Kalau google sudah akrab dengan blog kita, yah tahu sendirilah,heheh. Sitelinks ini juga bermanfaat untuk memudahkan pengunjung blog kita untuk menavigasi lebih cepat dan mudah pada hasil pencarian di SERP Google.

Ok deh kalau ditanya gimana cara mendapatkan sitelinks, yang ini sulit untuk dijawab. Karena itu tergantung sobat sendiri bagaimana mengoptimalkan blognya dengan isi artikel yang sangatlah bermanfaat dan berkualitas. Sekedar saran dari si newbi buatlah artikel yang banyak orang butuhkan dan banyak orang cari. Apa yang disukai pengunjung pastinya juga akan disukai oleh search engine khususnya google.

Keep spirit and stay cool...

No comments:

Post a Comment