Sunday, February 6, 2011

Inilah 12 Makanan Sehat Bagi Penggemar Olahraga Futsal

AHLI gizi akan menjawab pertanyaan yang berbeda tentang kebutuhan makanan yang tepat untuk mendukung olahragawan tetap sehat. Namun inilah 12 jenis makanan yang telah direkomendasikan oleh para ahli gizi khusus untuk pecinta olahraga futsal yang disarikan dari spiritfutsal.com.

Kunci bagi Anda adalah untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang penting adalah dengan cara mengonsumsi variasi makanan.

1. Anggur merah
Sedikit jumlah alkohol setiap hari akan menjaga kesehatan jantung dengan cara menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi risiko penggumpalan darah. Anggur merah juga efektif mencegah peradangan dan mencegah kerusakan gigi. Anda sangat dianjurkan mengonsumsi tidak lebih dari segelas anggur setiap harinya.

2. Cokelat
Ketika bicara cokelat, semakin pahit, semakin sehat, paling tidak dari sisi kesehatan. Peneliti mengungkap alasan lain yang akan membuat Anda semakin mencinta cokelat. Mengonsumsi sedikit cokelat setiap minggu tidak hanya menurunkan risiko stroke, tapi juga menurunkan risiko meninggal akibat stroke.

3. Avocad
Avocad salah satu makanan yang mengandung antioksidan penting yaitu vitamin E. Dalam suatu studi, peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin E dapat membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Apel
Buah ini merupakan buah yang kaya manfaat. Apel mampu melindungi paru-paru orang dewasa, merendahkan risiko asma, kanker paru-paru, mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah kolesterol jahat LDL yang menyebabkan plak pada arteri.

5. Bluberi
Mengonsumsi semangkuk blueberry sebagai sarapan pagi bisa membuat Anda tetap segar bugar sepanjang siang. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari Reading University. Makanan yang diklaim sebagai 'super fruit' ini, terbukti bisa mempertajam konsentrasi dan daya ingat hingga lima jam ke depannya.

6. Kubis atau kol

Kubis bagus untuk kesehatan. Satu cangkir kubis yang telah dipotong-potong mengandung 20 kalori, 2 gr serat dan kaya akan sulforaphane, zat kimia anti kanker yang terbukti menurunkan kerusakan sel di seluruh tubuh. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan kubis ke salad Anda.

7. Ikan dan minyak ikan
Asosiasi Jantung Amerika menyarankan agar para orang dewasa mengonsumsi dua ikan dalam seminggu, terutama ikan dari laut dalam, seperti salmon atau sardin yang kaya akan omega-3. Manfaatnya adalah untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, alzheimer, stroke, diabetes dan rematik selain itu, variasi lemak yang terdapat dalam ikan juga bisa meredakan gejala depresi.

8. Bawang putih
Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih berfungsi mengurangi tekanan darah, membantu mengatasi pengentalan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan pasien serangan jantung.

9. Jamur
Jamur kaya kalium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Satu jamur portabella ukuran sedang dinyatakan mengandung lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang atau segelas jus jeruk. Satu takar jamur juga menyediakan 20-40 persen ajuran tembaga harian Anda. Tembaga merupakan mineral yang mengandung komponen pelindung jantung.

10. Kacang almond
Almond bukan hanya kudapan lezat, tetapi juga kudapan sehat karena kaya akan protein, serat serta lemak-lemak sehat. Studi-studi menemukan, mengonsumsi almond dalam jumlah sedang (1-3 ons) per hari, bisa membantu menurunkan berat badan. Caranya? Almond bekerja dengan menstabilkan kadar gula darah dan menghalau rasa lapar. Selain itu, mereka yang makan kacang-kacangan cenderung mempunyai lebih sedikit lemak perut.

11. Telur
"Ada bukti yang berkembang yang mendukung pentingnya protein berkualitas tinggi dalam sarapan untuk kesehatan secara keseluruhan. Hal itu ditekankan pada konsumsi telur untuk sarapan. Kami pun telah mengadakan uji coba terhadap dua partisipan yang terbiasa sarapan. Ditemukan, bahwa protein yang cukup membantu mereka agar tak segera merasa lapar," kata Dr Maria Luz Fernandez, peneliti sekaligus profesor dari Bagian Ilmu Pengetahuan Nutrisi dari Universitas Connecticut.

12. Buah Delima
Selama ini tak banyak orang yang tahu kalau buah delima merupakan sumber antioksidan terbaik, bahkan lebih baik dari anggur merah dan teh hijau. Selain sebagai antioksidan, delima juga mampu menghambat perkembangan kanker prostat dan ampuh mengusir lemak perut.

No comments:

Post a Comment