Friday, February 25, 2011

Aneh, Ada Pelangi di Gua Putri Kencana

Aneh, Ada Pelangi di Gua Putri Kencana - Berita Harian, Mendapatkan suatu hal yang tidak biasa memang selalu dieratkan dengan keanehan. Salah satunya seperti keanehan yang terjadi di Gua Putri Kencana yang terletak di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Di mulut gua tersebut, muncul sebuah sinar pelangi yang indah. Sinar pelangi itu, secara kebetulan dapat terekam pada foto hasil jepretan ponsel salah seorang wisatawan yang sedang berkunjung ke gua tersebut.


Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Pracimantoro, Warsito SSos mengatakan, foto pelangi aneh itu terekam secara tidak sengaja oleh ponsel milik Cahaya Setiana, dari Bappeda Provinsi Jateng. Cahaya, datang bersama tim survai calon lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Provinsi Jateng, dan dari Kabupaten Wonogiri.

Saat datang ke Gua Putri Kencana, mendadak Cahaya tertarik oleh keindahan alami pada batuan stalaktit dan stalakmit di Gua Putri Kencana. Karena itu, serta merta dia berupaya mengabadikannya dengan cara memotretnya memakai ponsel miliknya.

Saat itu, terjadi hal aneh pada foto yang terekam di ponselnya. Karena yang muncul, tidak hanya keindahan batuan stalaktit dan stalakmit gua, namun ada pula seberkas sinar aneh yang ikut terekam dalam foto ponselnya. ''Pada hal, kenyataan riilnya tidak pernah ada sinar pelangi di dinding mulut gua,'' ujar Warsito yang ikut mengantar tim survai TMMD itu ke Gua Putri Kencana.

Tapi, tambah Warsito, hasil jepretan foto di kamera ponsel, menampakkan adanya sinar pelangi melengkung dalam format vertikal yang indah. Ini membuat Cahaya sebagai pemotretnya, mendadak takjub dan menjadi lemas karena dihantui rasa bingung yang sulit dinalar.

Gua Putri Kencana, ditemukan oleh pencari batu gamping pada sekitar tahun 1990 an. Penemuannya berlangsung secara tidak tersengaja. Pasalnya, karena pemahat batu gamping itu, mendadak menemukan lubang setelah berhasil membuat pahatan dengan linggis dan betel.

Ketika lubang diperlebar, ditemukan lorong bawah perbukitan yang dinding dalamnya indah penuh batuan stalaktit dan stalakmit yang alami. Dari penemuan ini, kemudian lokasi itu dibenahi dan dibersihkan, untuk dijadikan aset objek wisata gua.

Kepala Bappeda Kabupaten Wonogiri Drs Pranoto MM, Sabtu (26/2), mengatakan, mereka yang datang ke Gua Putri Kencana itu terdiri atas tim survai dari Bappeda Jateng, Bappeda Wonogiri, Camat Pracimantoro Drs Bhawarto beserta stafnya dan Kepala Desa (Kades) Wonodadi beserta pamong desa setempat.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Pracimantoro, Warsito, menuturkan, sebenarnya yang memotret dinding Gua Putri Kencana tidak hanya Cahaya dari Bappeda Provinsi Jateng. Hampir semua anggota tim yang membawa ponsel berfasilitas kamera, ikut mengabadikannya.

No comments:

Post a Comment