Friday, February 11, 2011

Hebat, Salingsapa.com Ternyata Buatan Siswa SMP Indonesia


Merasa bosan dengan fitur Facebook? Tenang. Siswa SMP Bandung menciptakan situs jejaring sosial dengan tampilan Islami yaitu salingsapa.com.

Di halaman depan, pengguna internet akan disuguhkan gambar Ka’bah serta beberapa tab yaitu halaman depan (home), browse, news feed, blog, video, Al-Qur’an dan Radio Saling Sapa. Secara keseluruhan, tampilan mirip dengan halaman depan Facebook.

Situs yang dibuat oleh Muhammad Yahya Harlan, Siswa kelas 1 SMP Alam Bandung ini, berdasarkan pengamatan situs ini memiliki total hit 711.580. berdasarkan keterangan di situs tersebut, salingsapa.com pertama kali dibuat pada 1 Muharram 1431 (18 Desember 2009).

“Ini menjadi sarana silaturrahmi virtual yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga siapa saja bisa menyampaikan informasi, untaian hikmah, petikan hadists dan petikan ayat Al-Qur’an kepada para sahabat dan sanak saudara,” demikian pernyataan di halaman perkenalan salingsapa.com.

Yang menarik, situs ini menggunakan server lokal sehingga bisa diakses dengan cepat.

Situs ini menyediakan fitur Al-Qur’an yang memungkinkan pengguna membaca Al-Qur’an elektronik sambil memanfaatkan jejaring sosial. Selain itu, usia pengguna tidak dibatasi. Berbeda dengan Facebook yang memiliki batas minimum 13 tahun.

Fitur-Fitur SalingSapa.com

Muhammad Yahya Harlan mempercantik situs jejaring sosial ciptaannya dengan berbagai fitur Islami. Pengguna situs ini bisa mengaji sampai mendengarkan ceramah.

Bocah SMP ini memang meniatkan SalingSapa.com sebagai situs yang mengajak pada kebaikan.
Dengan niat itulah siswa kelahiran 25 Juli 1998 ini pun membuat fitur-fitur Islami. Di situs jejaring sosialnya, ia membuat fitur Khazanah dan Al-Quran.

Dua fitur ini belakangan ternyata banyak digandrungi oleh penggunanya. Dalam dua minggu setelah diluncurkan hingga hari ini sudah mencapai 5.400 penggunanya.

"Di fitur Khazanah, user bisa mendengarkan ceramah-ceramah darai banyak ustad. Sedangkan di fitur Al-Quran, user bisa membaca Al-Qurang dari Juz 1 sampai 10, lengkap juga dengan terjemahannya. Atau hanya untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Quran, juga bisa diklik di fitur ini," terang siswa yang hobi mengotak-atik komputer dan main gitar ini.

Selain dua fitur ini, Yahya juga mencantumkan fitur radio yang bisa diperdengarkan selama 24 jam. Dan fitur-fitur lainnya yang hampir sama dengan jejaring sosial umumnya seperti wall (dinding), foto, teman, dan lain-lain.

Hanya saja,ujar Yahya, ia harus bekerja ekstra dengan sang ayah untuk memantau jejaring sosialnya sekaligus menghapus user yang mencoba memasukan content-content negatif ke Salingsapa.com.

"Kendala lainnya server yang kurang kuat. Server kita kecil sekali, padahal harus menampung pengguna yang semakin banyak untuk bergabung di Salingsapa.com," kata siswa yang berniat ingin membuat game edukasi bernuansa Islami ini.


No comments:

Post a Comment