Tuesday, February 1, 2011

Pulau Berlangit Gelap Pertama di Dunia

Pulau Berlangit Gelap Pertama di Dunia - Berita Harian, Sebuah pulau berlangit gelap telah ditemukan pada jarak 80 km di selatan pantai Inggris. Pulau tersebut bernama Sark yang meraih gelar sebagai pulau berlangit gelap pertama di dunia. Sark merupakan pulau terkceil yang berada di antara 4 anggota Kepulauan Channel. Mengapa dikatakan demikian? Gelar pulau berlangit gelap untuk pertama kalinya itu diberikan oleh International Dark Sky Association (IDA), sebuah organisasi Amerika Serikat yang memiliki misi untuk melestarikan kegelapan dan keindahan langit malam.


IDA memberikan gelar tersebut setelah selama setahun penuh bekerja keras dengan 600 warga pulau untuk mengurangi polusi cahaya. Mereka saling bekerjasama untuk memastikan sedikit mungkin cahaya yang tumpah ke angkasa, menyebabkan kaburnya cahaya bintang. Dengan langit gelap yang dimiliki, maka Sark adalah surga bagi para astronom, amatir maupun profesional. Bintang, bulan, meteor, planet, benda angkasa lain beserta fenomenanya bisa dilihat dengan sangat jelas.

"Anda bisa melihat pemandangan spektakuler di Inggris, tapi sangat sedikit tempat yang bisa memberikan pemandangan kegelapan tingkat dunia," kata Steve Owens, astronom yang bekerja sama dengan warga untuk mewujudkan langit gelap Sark. "Jika anda berada di tempat seperti Sark, Bimasakti adalah pemandangan rutin tiap malam. Itu membuat saya merasa kagum. Setiap titik-titik di angkasa adalah 'matahari' dan terdapat 100 juta jumlahnya," tandas Owens. Ia mengatakan, "Itu (pemandangan langit malam) membuat saya merasa betapa spesialnya Bumi. Kita tidak pernah menemukan tempat lain di dalam kosmos yang begitu sempurnanya untuk mendukung hidup."

No comments:

Post a Comment