Sunday, February 13, 2011

Wanita Ini Lumpuh Tiap Melihat Benda Logam

Wanita Ini Lumpuh Tiap Melihat Benda Logam - Berita Harian, Setiap orang mempunyai fobia atau ketakutan yang berbeda-beda. Dari mulai takut kepada binatang tertentu sampai takut bersentuhan dengan benda yang terbuat dari logam seperti yang dialami Zoe Ingleson, selama 20 tahun terakhir. Setiap kali Zoe melihat benda yang terbuat dari logam, ia merasa tubuhnya lumpuh mendadak disertai dengan kucuran keringat yang terus mengalir. Maka dari itu, Zoe selalu panik setiap kali melihat pisau, sendok, atau garpu yang berbahan logam.


Dengan hanya mendengar suara sendok logam yang berbunyi di piring, Zoe langsung terlihat trauma. "Benar-benar memalukan. Orang-orang menatapku seperti menatap seorang yang bodoh. Tetapi aku tidak bisa melupakan ketakutan terhadap alat logam," ujarnya. Kondisi itu membuat Ingleson memilih meja makan terpisah dari suami dan empat anaknya. Ia memiliki peralatan makan khusus yang semuanya terbuat dari plastik. Jika terpaksa makan di tempat umum, ia memilih makan dengan tangan. Tapi, ia terbiasa membawa sendiri sendok dan garpu plastik di tasnya.

Di rumah, Zoe juga tak punya peralatan memasak dari logam. Semua perlengkapan rumah tangganya terbuat dari plastik. Sejumlah kerabat dekat juga selalu siap menyediakan peralatan makan khusus jika Zoe berkunjung. Fobia merupakan ketakutan berlebihan akibat peristiwa traumatis yang menimbulkan kepanikan luar biasa, tanpa alasan jelas. Menurut ahli, fobia merupakan cara untuk bertahan atau menghindar terhadap ancaman yang dirasakan.

No comments:

Post a Comment