Wednesday, November 25, 2009

agrobisnis/agroindustri sebagai suatu sektor unggulan

agrobisnis/agroindustri sebagai suatu sektor unggulan

Peranan penting atau keunggulan agribisnis tidak bisa lepas dari agroindustri sebab agrobisnis (agri-business) diartikan sebagai:
... the sum total of all operations involved in the manufacture and distribution of farm supplies, production activities on the farm, and strorage, processing and distribution of farm commodities and items made from them ...
seperti pertama kali diperkenalkan oleh almarhum Dr. J.J. Drilon (dari Filipina) dalam lingkup Asia Tenggara. Dengan konsep seperti inilah maka agribisnis sebagai suatu sistem dapat diterima oleh semua pihak. Dengan konsep ini, konsep agribisnis jelas merupakan cara baru melihat sektor pertanian. Selama pra dan masa PJP-I dapat dikatakan bahwa kita melihat pertanian secara sangat sempit; semata-mata hanya melihat sub sistem produksi atau usahataninya saja. Cara pandang yang lama ini telah berimplikasi yang kurang menguntungkan bagi pembangunan pertanian (dan pedesaan) yakni: pertanian dan pedesaan hanya sebagai sumber produksi primer yang berasal dari tumbuhan dan hewan tanpa menyadari potensi bisnis yang sangat besar yang berbasis (derived) produk-produk primer tersebut.

No comments:

Post a Comment