Wednesday, November 25, 2009

Agrobisnis dan Kerajinan Jadi Fokus Pengembangan IKM

Agrobisnis dan Kerajinan Jadi Fokus Pengembangan IKM

Sektor agrobisnis dan kerajinan akan menjadi fokus pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) nasional, karena kontribusinya sangat besar bagi ekspor IKM dan bernilai tambah tinggi. "Kami akan fokus dalam mengembangkan IKM agrobisnis dan kerajinan yang mampu mengelola sumber daya alam, sehingga memiliki nilai tambah yang lebih besar," kata Dirjen Industri dan Dagang Kecil Menengah (IDKM) Departemen Perindustrian (Deperin), Zainal Arifin, di sela pameran produk IKM berkualitas yang berlangsung hingga 19 April 2005 di gedung pusat Deperin, Jakarta, kemarin.

Menurut Zainal, pengertian agrobisnis dalam arti luas tidak hanya menyangkut hasil pertanian, tapi juga peternakan, dan perikanan.

Dicontohkan, pihaknya mendukung dan membantu pengembangan bisnis pengelolaan ikan menjadi tepung ikan bagi makanan ternak, maupun pengelolaan rempah-rempah menjadi produk serbuk yang mampu disimpan lebih lama.

"Bantuan tersebut, berbentuk bimbingan maupun bantuan peralatan dengan memaksimalkan LPT (Lembaga Pelayanan Teknis) yang kami miliki," katanya. (Media Indonesia)

No comments:

Post a Comment