Wednesday, August 4, 2010

Candi Bawah Laut Ternyata Terumbu Karang Buatan Bernama Taman Pura

Hahah, candi bawah laut yang diberitakan sebelumnya ternyata adalah terumbu karang buatan bernama Taman Pura. Terumbu karang tersebut memang modelnya seperti pura. Candi di bawah laut yang santer diberitakan ini berlokasi di desa Pemuteran, Bali. Bangunan mirip pura tersebut bukan peninggalan purbakala sob, melainkan adalah terumbu karang buatan. Siapa yang membuat?



Adalah Dr Thomas Goreau dan Profesor Wolf Hilbertz yang bekerja sama dengan sejumlah penyelam. Mereka membangun tempat perawatan koral pertama di depan Pondok Sari Hotel.Proyek ini dirintis sejak tahun 2000 itu yang bertujuan untuk merevitalisasi terumbu karang di Pemuteran yang rusak.

Proyek yang dinamai The Karang Lestari Project ini terus dikembangkan dengan donasi pebisnis lokal, hotel-hotel, toko-toko penjual alat-alat menyelam maupun USAID. Diharapkan, proyek ini dapat menarik minat turis sehingga dapat memperbaiki ekonomi warga Pemuteran.

Proyek ini bermula dari keprihatinan warga sekitar termasuk para ekspatriat, melihat terumbu karang yang rusak oleh perilaku pencari ikan yang menggunakan bahan peledak. Untuk lebih jelasnya mengenai proyek ini bisa mengunjungi situs www.globalcoral.org dan divingathletic.com,

No comments:

Post a Comment