Thursday, August 5, 2010

Blackberry Diblokir? Alasan Pemblokiran Blackberry

Mengapa Blackberry Diblokir? Alasan apa yang mendasari Pemblokiran Blackberry? Diperkirakan ada sekitar 1,5 juta orang Pelanggan BlackBerry di Indonesia. Sementara itu, enam operator telekomunikasi Indonesia juga menjalin kemitraan dengan RIM, yaitu Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Natrindo Telepon Seluler (Axis), Hutchison CP Telecom (Tri), dan Smart Telecom. Jika Pemblokiran benar-benar terjadi, harus ada alasan kuat mengapa Blackberry harus Diblokir di Indonesia.


Bagi pengguna Blackberry di Indonesia, jangan berkecil hati, apalagi bagi yang baru saja membeli Blackberry OS 6. Tidak perlu khawatir dengan isu PEMBLOKIRAN BLACKBERRY, karena pemerintah tidak memblokir layanan BlackBerry di Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan, pemerintah hanya meminta Research in Motion (RIM), produsen dan penyedia layanan BlackBerry, untuk membangun pusat data di Indonesia.

Berdasarkan undang-undang, semua perusahaan telekomunikasi maupun perbankan yang beroperasi nasional, harus membuat pusat data di Indonesia. Seperti halnya RIM juga harus membuat pusat data, karena operator telekomunikasi ini membayar pajak dan melakukan bisnis di Indonesia.

"Persoalan BlackBerry di Indonesia hanyalah karena mereka belum punya data center saja di sini," kata Pak Menteri.

Tifatul juga memastikan Indonesia tidak akan mengikuti jejak Uni Emirat Arab dan Arab Saudi yang memblokir layanan BlackBerry.

Uni Emirat Arab dan Arab Saudi memblokir BlackBerry untuk alasan keamanan nasional. Layanan BlackBerry tidak bisa disadap sehingga menyulitkan jika ada suatu penyelidikan. Pemblokiran dilakukan kedua negara tersebut karena RIM menolak membuka akses data di pusat data mereka di Kanada.

Meskipun Pak Menteri telah memastikan tidak bakal ada yang namanya Blackberry Diblokir ataupun Pemblokiran Blackberry, namun pihak RIM belum menanggapi saran untuk membangun pusat data di Indonesia. JPNN

Bagaimana? sudah jelaskan bahwa di Indonesia tidak terjadi pemblokiran Blackberry seperti yang terjadi di UEA dan Arab Saudi. Tapi jangan lantas Blackberry-nya buat nyimpen Video Mesum seperti Video Hangmoy Singkawang ya....!!!

No comments:

Post a Comment