Tuesday, August 3, 2010

Tsunami Matahari

Tsunami Matahari - kabar terbaru yang saya dengar adalah terjadinya badai matahari yang menyebabkan ledakan besar terjadi pada minggu lalu dan dikatakan akan menimbulkan ancaman tsunami matahari. Matahari memancarkan yang sangat terang dan spektakuler. Menyemburkan beribu ton plasma menjadi atom kemudian menyebar ke antar planet.
Foto lebih lengkap bisa ke sini

Bumi yang kita hinggapi akan terancam oleh semburan plasma akibat ledakan besar Matahari tersebut. Menurut pengamat, ledakan ini akan menuju bumi pada tanggal 4 Agustus 2010, hari ini. Ledakan tersebut biasa disebut pelemparan massa coronal.

Ledakan pelemparan massa coronal ini terekam oleh NASA Solar Dynamic's Observatory (SDO), sebuah pesawat luar angkasa yang diluncurkan pada Februari lalu. SDO menyediakan pemandangan matahari yang lebih baik dibanding HD quality pada panjang gelombang tertentu. Pada saat semburan massal coronal ini mencapai bumi ia akan berinteraksi dengan gelombang magnetik bumi, dan berpotensi menciptakan badai geomagnetik. Arus partikel Matahari turun ke garis menuju tiang Bumi. Yang jelas badai Matahari ini di anggap tidak terlalu membahayakan satelit atau jaringan listrik! heheh.

No comments:

Post a Comment