Saturday, June 5, 2010

Kapal Rachel Corrie - Dicegat Israel

Kapal Rachel Corrie -  Dicegat Israel

Kapal Rachel Corrie yang merupakan pengganti dari misi Kapal Mavi Marmara untuk bantuan kemanusiaan internasional dalam perlayawan ke Jalur Gaza dicegat oleh tentara Israel Sabtu pagi 5 juni 2010, ujar komite penyambut kedatangan kapal Rachel Corrie, yang bermarkas di Gaza.


Kapal Rachel Corrie dicegat di perairan 35 mil di lepas pantai Gaza,menurut keterangan seorang juru bicara komite penyambutan, Amjad al-Shawa, yang berbicara dengan orang-orang di kapal itu, kepada AFP di Gaza City. "Kapal-kapal Israel mengepung mereka  di lepas pantai Gaza antara 30-35 mil , dan mencegah Kapal Rachel Corrie memasuki Gaza," kata Shawa. "Mereka berusaha untuk membawa kapal itu ke kota pelabuhan Israel selatan Ashdod atau  ke tempat lainnya," Ujarnya.

Amjad al-Shawa pun mengemukakan bahwa komunikasi dengan kapal Rachel Corrie  "putus", namun komite akan berupaya untuk mendekati mereka. Martin Quigley, seorang juru bicara kapal yang bermarkas di Dublin, yang membawa 15 orang dan beberapa ton bantuan kemanusiaan untuk rakyat Gaza itu, tidak bisa mengkonfirmasikan informasi tersebut dan mengatakan, dia tidak punya kontak dengan kapal. "Para Relawan yang ikut dalam rombongan Kapal telah sepakat untuk menghubungi kami pada menit-menit saat mereka dikepung oleh kapal Israel," kata Quigley.  "tak bisa menghubungi para penumpang kapal tersebut melalui telepon satelit", ujarnya.[tvone.com]

No comments:

Post a Comment