Wednesday, November 10, 2010

Kelelawar Langka Ditemukan Di Sumatera

Kelelawar Langka Ditemukan Di Sumatera - Berita Harian, Baru-baru ini, para ahli konservasi dari inggris menemukan kelelawar langka di hutan Sumatera. Kelelawar itu dikenal dengan nama latin Barong Ridley (Hipposideros ridley). Menurut daftar International Union for Conservation of Nature, spesies ini tergolong terancam punah.


Spesies kelelawar itu ditemukan di fragmen hutan yang hanya mempunyai luas 300 hektar. Fragmen tersebut dikelilingi perkebunan kepala sawit sehingga merambah habitat yang penting bagi kelangsungan hidup hewan langka. Peneliti mengatakan, penemuan itu menunjukkan bahwa fragmen hutan sekecil apa pun tetap berharga untuk dilestarikan. Para pengelola perkebunan kelapa sawit wajib mengidentifikasi wilayah yang membutuhkan pelestarian.

Lebih lanjut, peneliti mengatakan bahwa jaringan fragmen-fragmen hutan mungkin cocok untuk melestarikan spesies-spesies tertentu. "Komunitas ilmiah mesti membantu komunitas bisnis sehingga kehidupan liar yang terancam bisa tetap eksis di wilayah yang dikelola dalam jangka panjang," kata Matthew Struebig dari Queen Mary, University of London, salah satu anggota tim peneliti.

No comments:

Post a Comment