Friday, November 26, 2010

Ditemukan, Hewan Aneh Di Laut Sulawesi

Ditemukan, Hewan Aneh Di Laut Sulawesi - Berita Harian, Bentuk dari hewan ini aneh dan tak biasanya, karena jika dibilang cumi tidak mirip dan dibilang cacing tapi bukan cacing juga. Namun spesies yang ditemukan melimpah di Laut Sulawesi ini terbilang unik bentuknya. Karena dibilang mirip dengan setengah cumi dan setengah cacing maka hewan ini dinamakan dengan cacing cumi yang mempunyai nama latin ‘squid worm’.


Penyebutan nama tersebut bukan hanya karena bentuknya yang mirip, namun karakteristik pada hewan itu juga hampir menyerupai. Hewan unik itu ditemukan oleh ilmiwan dari Woods Hole Oceanographic Institute dan the University of California, Santa Cruz. Lokasinya berada di Laut Sulawesi. Spesies ini diduga kuat berperan sebagai missing link antara spesies yang hidup di lumpur dasar laut dan yang hanya hidup dalam kolom air.


Para ilmuwan menggunakan kapal penjelajah laut yang dikendalikan jarak jauh di cekungan sedalam 2.800 hingga 2.900 meter di antara Indonesia dan Filipina. Atau hanya berjarak 100 meter dari dasar Laut Sulawesi. Ahli biologi kelautan Santa Cruz, Karen Osborn mengatakan, warna tubuh cacing cumi adalah transisi dari coklat ke hitam. Otot terbesar di bawah kulitnya yang berwarna merah muda mengkilap digunakan untuk berenang.

No comments:

Post a Comment