Monday, November 15, 2010

Bayi Neanderthal Lebih Cepat Tumbuh

Bayi Neanderthal Lebih Cepat Tumbuh - Berita Harian, Penelitian baru terhadap tulang-tulang manusia Neanderthal menunjukkan bahwa bayi-bayi mereka tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan anak-anak manusia modern.

Pertumbuhan mereka juga lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak Homo Sapiens, manusia modern awal. Namun pertumbuhan yang lebih lambat di kalangan manusia modern tersebut memiliki banyak sisi positif.

Para ilmuwan dari Eropa dan Amerika Serikat menyimpulkan pertumbuhan manusia modern yang lebih lambat membuat mereka hidup lebih lama dan memberikan kemanfaatan dari sisi evolusi.



"Anak-anak Neanderthal sepertinya banyak mengalami stres," kata Tanya Smith, salah seorang anggota tim peneliti dari Universitas Harvard seperti dikutip kantor berita AFP.

"Dari gigi anak-anak Neanderthal terlihat ada gangguan pertumbuhan. Sepertinya kanak-kanak adalah masa-masa yang sulit bagi orang-orang Neanderthal," kata Smith.
Para peneliti mengatakan masa pertumbuhan anak yang lebih lama bisa dikatakan terjadi belum lama dalam garis sejarah manusia.

No comments:

Post a Comment