Tuesday, November 30, 2010

Fakta Menakjubkan Jaring Laba-Laba

Fakta Menakjubkan Jaring Laba-Laba - Berita Harian, Seringkali kita takut jika menemukan hewan ini, namun sebenarnya hewan ini tidaklah berbahaya dan menakutkan. Laba-laba membuat sebuah jaring yang dikeluarkan oleh tubuhnya untuk tempat tinggalnya. Menariknya, jaring yang dikeluarkan laba-laba lebih kuat dibandingkan fiber alami atau sintetis di Bumi. Menurut ahli zoology evolusioner University of Aarhus di Denmark dan Ahli Jaring laba-laba, Fritz Vollrath menyimpulkan bahwa jaring laba-laba lebih kuat, elastic dan tahan lama dibandingkan dengan fiber terkuat buatan manusia yang digunakan untuk membuat rompi antipeluru. Jaring laba-laba sangat lentur dan mampu meregang hingga 140% tanpa merusak jaring tersebut. Untuk bahan ini, jaring laba-laba termasuk bahan ringan.


Itu disebabkan karena fiber protein laba-laba (gossamer) sangat tinggi dan memiliki banyak fungsi diantaranya untuk menangkap serangga, melindungi sarang, bahkan untuk dimakan. Ilmuwan telah mencoba memahami mekanisme laba-laba dalam membuat jaring, namun sejauh ini gagal dikarenakan molekul kompleks protein dan sekuens DNA berulang di laba-laba.

Meski begitu, Ilmuwan berhasil menyimpulkan tentang bagaimana jaring laba-laba dapat mengeras. Vollrath mengatakan bahwa laba-laba mengeraskan jaringnya dengan cara mengasamkannya dan metode tersebut mirip dengan pembuatan fiber dalam industry. Sebelum memasuki saluran, jaring laba-laba terdiri dari protein cair. Ketika cairan masuk saluran, sel-sel menarik air dari jaring protein dan hydrogen dipompa ke bagian saluran lain dan hal itulah yang menyebabkan terjadinya mandi asam.

Jaring laba-laba kemudian dipintal dari gel menjadi fiber solid yang ditarik melalui kelenjar asam laba-laba yang disebut kelenjar spinneret. Laba-laba memiliki 2-8 spinneret, dan biasanya berpasangan, tergantung spesies. Spinneret mengeluarkan berbagai jenis jaring, dari yang lengket hingga yang tak lengket, tergantung kebutuhan.

No comments:

Post a Comment