Friday, January 15, 2010

Gerhana Matahari 2010 - Gerhana Matahari Terlama

Gerhana Matahari 2010, yah menurut kabar gerhana matahari di tahun 2010 ini terjadi pada hari ini tanggal 15 Januari 2010 di sekitar pukul 14.39 WIB - 15.55 WIB. Dan katanya lagi gerhana matahari ini adalah gerhana matahari terlama di milenium ini. Sayang banget saya baru mendengar kabar ini dari forum sebelah, jadi mungkin saya sudah melewatkan peristiwa langka ini. Cuaca di Makassar ini mendung terus sampai sekarang (ketika tulisan ini dibuat juga masih mendung, tidak ada penampakan adanya gerhana matahari. Langit di Makassar gelap banget tertutup awan yang sangat tebal :D).

Perkiraan lamanya gerhana matahari 2010 ini adalah 11 menit delapan detik. Melewati Afrika bagian tengah, Samudera India, dan sebagian wilayah Indonesia. Titik maksimum gerhana hanya akan terjadi di Samudra Hindia, tetapi masyarakat yang tinggal antara lain di Afrika tengah, Kenya, China, dan Myanmar bisa melihat fase gerhana cincin. Adapun total jalur penumbra gerhana ini mencapai 333 kilometer.
Sayangnya, di Indonesia, gerhana ini hanya terlihat parsial atau sebagian sehingga tidak akan terlihat berbentuk seperti cincin saat puncaknya. Hanya sedikit bagian Matahari yang tertutup bayang-bayang Bumi, tak lebih dari 10 persen. "Kecuali, di Aceh yang mungkin bisa 50 persen," tutur Clara Yatini, Kepala Bidang Matahari dan Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Rabu (13/1/2010).
Saya sangat menyayangkan tak bisa menyaksikan peristiwa langka gerhana matahari 2010 ini. Soalnya kejadian Gerhana matahari yang selama ini, lebih dari 11 menit, baru akan kembali terjadi pada 1.033 tahun kemudian, yaitu tepatnya pada tahun 3043. Menurut catatan, gerhana matahari selama ini hanya dikalahkan pada peristiwa tahun 1992 yaitu dengan waktu 11 menit 41 detik.

Allah maha besar...!

Tagged as : gerhana matahari, gerhana matahari cincin, gerhana matahari di Indonesia, Astaga.com lifestyle on the net, Astaga.com lifestyle on the net, mbah gendeng


No comments:

Post a Comment