Saturday, January 16, 2010

Berita Korban Gempa Haiti - Korban Capai 200.000 Ribu Orang

Gempa Haiti - Sungguh naas masyarakat haiti. Dilanda guncangan gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter. Korban Gempa Haiti terus bertambah, diprediksi telah mencapai sekitar 200.000 ribu jiwa. Dan jutaan orang yang luka-luka, patah tulang dan memar-memar. Dan gempa haiti adalah musibah terburuk yang pernah ditangani PBB. Diperkirakan lebih buruk dari tsunami di Aceh.
Ini bencana yang mengerikan. Sepanjang sejarah PBB, kami belum menemukan yang separah ini," ujar Koordinator Kemanusiaan PBB, Elisabeth Byrs, kepada AFP, Sabtu (16/1/2010).
Ironinya lagi ratusan ribu korban gempa ini belum tertangani dengan baik. Salah satu rumah sakit yang selamat dari guncangan gempa kewalahan mengurusi para korban. Sebagian besar dari mereka dirawat di rumah sakit yang berjarak 100 kilometer dari ibu kota Port Au Prince. Bahkan, sebagian korban tewas masih dibiarkan tergeletak di pinggir jalan tanpa ada yang mengurus.
Dari laporan tim PBB, sekitar 90 persen bangunan dan gedung di Leogane hancur akibat gempa 7 SR yang mengguncang Haiti, Selasa (12/1/2010) itu. "Tidak ada kantor pemerintahan yang tersisa," kisahnya.

Kondisi di kota-kota lainnya tidak kalah memprihatinkan. Banyak warga yang terkubur di reruntuhan bangunan dan belum bisa dievakuasi. Saat ini tim SAR dari 27 negara yang berkekuatan 1.500 orang bersama 115 anjing pelacak masih mencari para korban gempa haiti yang selamat. Namun faktor lemahnya komunikasi, sulitnya transportasi dan kurangnya BBM menjadi penghambat operasi SAR tersebut.

Saya turut prihatin dengan musibah gempa di Haiti, mayat-mayat berserakan dipinggir jalan. Bau busuk mayat sangat menyengat dan cepat menyebar karena sengatan matahari tropis.

Innalillahi wa innailaihi rojiun...!

No comments:

Post a Comment