Friday, May 22, 2009

Seberapa besar modal untuk berbisnis online?

Seberapa besarkah modal untuk membuka bisnis online?. Rasanya sudah lama saya tidak menulis lagi, maklum akhir-akhir ini saya sedikit sibuk dengan kerjaan. Tapi saya berharap teman-teman semua semakin mantap dalam menjalankan bisnis onlinenya.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas, seberapa besar modal yang kita perlukan untuk memulai sebuah bisnis online.

Dalam pembahasan kali ini, bisnis online yang saya maksud adalah dalam sekala kecil, semisal membuat sebuah produk sederhana berupa program, ebook, atau pun situs MLM (program bisnis online ini kita yang membuat dan memilikinya).



1. Modal yang pertama tentunya adalah domain dan webhosting, tentu apabila kita menggunakan sebuah blog gratis akan menurunkan nilai jual dari produk yang kita miliki, oleh karena itu lebih baik jika menggunakan domain dan webhostingnya.

Kira-kira ini sekitar 1 jutaan.

2. Produk, tentunya untuk membuat produk kita tampil lebih baik dan menarik, kita membutuhkan keahlian dalam script. Nah apabila kita tidak terlalu handal dalam hal satu ini, kebanyakan dari kita menggunakan jasa script reseller yang ada, mereka akan membuat tampilan dari produk yang kita miliki menjadi sangat menarik.

Harga yang mereka tawarkan berkisar dari 1-2 juta rupiah...

3. Promosi. Jika kita sudah memiliki sebuah produk lengkap dengan domain, webhosting di atas, tentu yang selanjutnya yang akan kita lakukan adalah promosi.

Untuk promosi tergantung dari pemilik usaha atau pemilik modal itu sendiri, semakin banyak promosi yang dilakukannya maka semakin terkenal pula produknya, tapi tentunya akan membutuhkan uang yang lebih banyak. Namun apabila seorang tersebut ingin menghemat pengeluarannya pada promosi, otomatis akan memperlambat jalannya usaha yang dimilikinya pada bisnis online.

Kalau menurut saya harga promosi yang wajar adalah sekitar 1-2 juta rupiah.


4. Yang terakhir adalah biaya tak terduga dan biaya pengembangan. Tentu saja kita tak pernah mengetahui bagaimana jalannya bisnis yang kita miliki kedepannya, dan kendala apa yang akan kita hadapi. Nah dari penjelasan ini, tentu saja kita harus mempersiapkan sejumlah uang, baik untuk biaya tak terduga atau untuk biaya pengembangan.

Biaya ini tergantung anda sendiri...


Dari perkiraan di atas, diperlukan sekitar 5-8 juta untuk membuat sebuah program bisnis online sederhana...jadi kita tidak bisa mengatakan bahwa membuat sebuah program di dunia online itu sangat murah dan bisa dengan modal yang ala kadarnya.


Salam bang arie...


No comments:

Post a Comment