Sunday, April 26, 2009

Sekolah tahun 2009 gratis!

Sekolah tahun 2009 gratis!. Mungkin sudah banyak yang mendengar hal ini, yaitu sekolah tahun 2009 gratis (Sd-Smp). Seringkali iklannya ditayangkan di seluruh media elektronik yang ada.

Tapi yang menjadi pertanyaan, bukankah tahun 2009 itu sudah memasuki bulan april, apakah maksudnya siswa yang akan masuk Sd atau Smp pada tahun ini tidak dikenakan biaya sedikitpun? apakah itu benar?. Kita semua tahu, bahwa banyak sekolah-sekolah yang melakukan pungutan liar kepada orang tua murid, seperti uang buku (padahal buku sudah digratiskan dengan adanya program bos), uang sumbangan wajib bulanan (padahal Ssp sudah dihapuskan, dan yang paling mengecewakannya lagi adalah uang pembangunan (apa anak Sd atau Anak Smp dikenankan biaya banguanan seperti mahasiswa?). Apakah pemerintah tidak memberi bantuan kepada sekolah tersebut?, tentu hal itu tidak mungkin!.

Program gratis ini memang sudah lama ditunggu, tapi ada kebingungan yang dirasakan oleh masyarakat. Yaitu tidak adanya kejelasan tentang wilayah yang telah menggunakan program ini...

Dan juga belum ada kejelasan tentang apa saja fasilitas yang dapat dinikmati secara gratis, bisa saja pihak sekolah mempermainkan kebijakan satu ini dengan memungut biaya kepada orang tua murid, tentu saja hal ini sangat merugikan.

Tapi memang pemeritah sedang mencoba untuk memberikan suatu yang baik untuk rakyatnya, semoga program ini benar-benar berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan tidak ada kecurangan yang terjadi...




Salam bang arie...

No comments:

Post a Comment