Sunday, April 12, 2009

Hasil Pemilu 2009 Di Sulawesi Selatan

Hasil pemilu 2009 di Sulawesi Selatan untuk sementara masih dimenangkan oleh Partai Golkar. Namun kemenangannya tidak mencolok seperti pemilu 2004 lalu. Saya juga merasa heran dengan torehan Partai Demokrat yang melejit pesat naik tiga kali lipat dari pemilu 2004. Seperti kita ketahui, jika di Sulawesi Selatan ini adalah salah satu lumbung suara Partai Golkar namun mungkin berkat "gaya dan retorika" pak SBY yang mampu menghipnotis masyarakat Sulawesi Selatan hingga mereka berbondong-bondong mencontreng Partai Demokrat.

Patut untuk diakui bahwa wacana Jusuf Kalla For President tak berhasil dicerna oleh masyarakat Sulawesi Selatan. Yang notabene pak JK adalah putera daerah dan salah satu tokoh Sulawesi Selatan yang berpengaruh. Partai Golkar tidak mampu mempertahankan perolehan suara yang signifikan di "kandang sendiri". Kadang saya juga berpikir apakah ini cuma bagian strategi politik untuk mendongkrak suara Demokrat Golkar atau entah bagaimana.

Hasil pemilu 2009 di Sulawesi Selatan untuk lebih jelasnya bisa anda klik persentase partai-partai politik di bawah ini [Update 12 April 2009]:

DPD Sulawesi SelatanDPRD SULSELDPRD MakassarDPRD Makassar



No comments:

Post a Comment