Tuesday, March 22, 2011

Unik, Rumah Berjalan Berbentuk Telur

Unik, Rumah Berjalan Berbentuk Telur - Berita Harian, Menghadapi kemajuan zaman, selalu saja ada ide-ide gila yang dapat diciptakan orang. Seperti yang satu ini, menghadapi tingginya tarif sewa rumah di Beijing, seorang arsitek muda ini telah menciptakan sebuah rumah berbentuk telur. Ia adalah Dai Haifei, 24 tahun yang menciptakan rumah mungil seperti telur sebagai tempat tinggalnya. Keunikan rumah tersebut bukan hanya dalam bentuk saja, melainkan rumah tersebut juga memiliki roda yang bisa digerakkan dengan memanfaatkan tenaga surya sehingga rumah mungil itu dapat berpindah-pindah tempat.


Rumah telur ini berukuran tinggi 6 kaki yang strukturnya bisa menempati trotoar, dan konstruksinya terbuat dari potongan bambu, kepingan kayu, karung, dan biji rumput yang bisa tumbuh pada musim semi, seperti dikutip dari China Daily. Untuk kebutuhan energi, rumah mungil ini memiliki panel surya di bagian atapnya yang bisa menghidupkan lampu di dalam ruang yang sangat minimalis itu.


Tidak hanya menghemat biaya sewa rumah, Haifei juga menghemat saat membangun rumah ini. Rumah ini dibangun hanya dengan biaya sekitar US$1.000 atau setara dengan Rp8,7 juta. Inovasi ini layak dipuji dan bisa juga menjadi suatu pengembangan yang lebih baik lagi untuk ke depannya.

No comments:

Post a Comment