Thursday, March 24, 2011

Definition Belajar

Definition Belajar

Banyak pendapat ahli psikologi yang memberi berbagai defenisi tentang belajar diantaranya Herman Hudojo (1998:1) menyatakan bahwa: “Belajar adalah usaha seseorang dalam memperoleh pengalaman/pengetahuan baru sehingga menyebabkan terjadinya perubahan tingkah laku”.

Perubahan tingkah laku yang dimaksud adalah perubahan kemampuan siswa dari tidak tahu menjadi tahu dan dari yang tidak dapat memecahkan masalah menjadi dapat memecahkan masalah. Dalam perubahan tingkah laku tersebut terjadilah suatu proses. Jadi belajar itu harus melalui proses, sehingga siswa bukan hanya sekedar menerima konsep dan prinsip-prinsip. Oemar Hamalik (2001:36) menyatakan bahwa: “Belajar adalah suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan, jadi belajar adalah proses aktif mengenai informasi dan kemudian disusun dan dibentuk dengan cara yang unik oleh setiap individu”.

Senada dengan hal itu, Gagne (dalam Ratna Willis Dahar) menyatakan bahwa : “Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman”.

Hal ini didukung juga oleh Ngalim Purwanto (1990:9) yang mengatakan bahwa : “Belajar adalah suatu perubahan yang terjadi melalui latihan dan pengalaman”. Demikian juga menurut Syaiful Bahri Djamarah (2002:11) yang mengatakan bahwa: ” Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan artinya tujuan kegiatan adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan , kemampuan maupun sikap, bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi.

Berdasarkan kutipan di atas dapat dikatakan belajar merupakan aktivitas seseorang untuk mengumpulkan sejumlah pengetahuan melalui latihan yang teratur dan tekun sehingga menghasilkan perubahan-perubahan pengetahuan dan perilaku pada diri seseorang melalui materi yang dipelajari.

Semoga Definition Belajar ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment