Wednesday, April 6, 2011

Aneh, Pria Ini Menambah Organ Jantungnya

Aneh, Pria Ini Menambah Organ Jantungnya - Berita Harian, Mendengar kata transplantasi bagi sebagian orang mungkin akan menganggap bahwa salah satu organ tubuh kita yang lemah akan diangkat dan diganti dengan yang baru. Pada umumnya, transplantasi sering terjadi pada hati. Namun, berbeda kali ini dengan yang dialami oleh Tyson Smith (36), asal San Diego, California, Amerika Serikat. Tyson telah menjalani transplantasi yang sangat jarang terjadi atau bisa jadi jika Tyson adalah orang yang pertama kali melakukan transplantasi jantung. Sebelumnya, kondisi jantung Tyson sangat lemah sekali dan dokter yang menanganinya pun mengira jika ia hanya dapat bertahan selama satu bulan untuk hidup.


Bahkan, kesehariannya pun Tyson terlelap hingga 20 jam per hari. Saat melakukan sinar X, kondisi jantung Tyson telah membesar. Akhirnya, dokter Smith yang menangani Tyson pun mengambil keputusan untuk melakukan transplantasi jantung heterotopic atau piggyback transplant, yaitu menambahkan jantung lain untuk membantu jantungnya yang lemah itu, yang memungkinkan kedua jantung untuk saling berbagi pekerjaan.

Dokter Smith, yang telah melakukan transplantasi jantung selama 30 tahun, telah melakukan prosedur ini hanya lima kali. Dr Jack Copeland, direktur transplantasi jantung dan bantuan sirkulasi mekanik di UC San Diego Health System, mengatakan bahwa prosedur ini meningkatkan harapan hidup pasien sampai 10 tahun. Prosedur ini juga menghemat sejumlah besar dari biaya. Sementara biaya transplantasi biasa akan mendekati $ 500,000, operasi "piggyback" memotong harga menjadi $ 100.000.

Ingin melihat bagaimanakah kedua jantung itu dapat berfungsi, saksikan video di bawah ini.

Video Pria Dengan Dua Jantung

No comments:

Post a Comment