Sunday, May 23, 2010

Anas Urbaningrum - Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2010 - 2015

Anas Urbaningrum - Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2010 - 2015


Setelah berkompetisi dalam dua putaran pemungutan suara, kandidat nomor 1 ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akhirnya memenangkan kompetisi. Ia berhasil meraih 280 suara atau sama dengan 53 persen dari total hak suara.

"Suatu kebanggan kita semua memilih. Terima kasih ikut memilih, membuat Demokrat adalah demokratis. Keputusan kongres kedua partai Demokrat berdasar surat nomor 13/Kongres II/Demokrat/2010 adalah menetapkan saudara Anas Urbaningrum yang terpilih secara sah dan demokratis sebagai ketua umum partai untuk masa bakti 2010-2015," ujar pimpinan sidang definitif kongres ke-II Partai Demokrat EE Mangindaan.

Di putaran kedua pemilihan ini, Anas mengungguli kandidat lainnya yakni kandidat nomor 3 Marzuki Alie yang hanya memperoleh 248 suara (47 persen). Di awal putaran kedua, Marzuki Alie memimpin perolehan suara meskipun tidak berbeda banyak dengan perolehan suara Anas. Namun Anas berhasil mendahului perolehan suara Marzuki di titik perolehan suara 118.

Perolehan suara berlangsung cukup seru karena sempat kembali terjadi saling susul-menyusul di beberapa titik perolehan suara, di antaranya, di titik 120 dan 125. Sesudah itu, perjalanan Anas langgeng karena tidak terjadi lagi susul-menyusul.

Anas pun adalah kandidat yang berhasil menembus perolehan suara sebanyak 200 terlebih dahulu dalam perhitungan suara tersebut. Tak perlu menunggu hingga akhir penghitungan suara, saat Anas memperoleh 265 suara pun (mencapai lebih dari 50 persen suara) kubu pendukung Anas sudah mulai meluapkan kegembiaraan merayakan kemenangan Anas.

Malah baru di perolehan suara 252, Marzuki Alie sudah mengucapkan selamat kepada Anas Urbaningrum dengan memeluknya.

Total hak suara yang digunakan dalam putaran kedua ini adalah sebanyak 530 suara yang digunakan oleh Dewan Perwakilan Pusat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Cabang Partai Demokrat seluruh Indonesia, termasuk dua suara yang diputuskan didiskualifikasi oleh panitia karena dianggap tidak jelas sehingga tidak memenuhi persyaratan.

Sempat terjadi hilangnya sinyal di beberapa operator telekomunikasi di telefon genggam orang-orang di lokasi penghitungan suara di tengah proses penghitungan.

Pemungutan suara pemilihan ketua umum dilakukan sejak Minggu (23/5) pagi setelah kongres satu hari sebelumnya meributkan adanya perubahan agenda acara yang disuarakan dalam sidang pembahasan tata tertib. Awalnya, pemungutan suara ingin dilakukan malam itu juga (Sabtu, 22/5) yang di antaranya diakui tim sukses salah satu kandidat untuk menghindari 'masuk angin'-nya suara.

Namun karena sidang pembahasan tata tertib Sabtu kemarin berjalan alot, seluruh jadwal agenda menjadi molor sehingga membuat ketua sidang definitif kongres Partai Demokrat menutup kongres pada pukul 21.00 WIB dan memutuskan penghitungan suara dilakukan Minggu (23/5).

Anas Urbaningrum lahir di Blitar, Jawa Tengah, pada 15 Juli 1969. Pascamenyelesaikan studi Sarjana Ilmu Politik Universitas Airlangga pada tahun 1992, Anas melanjutkan studi Magister Sains Ilmu Politik UI pada tahun 2000. Saat ini, Anas sedang mengikuti program doktor di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Kiprah politik Anas yang pernah memperoleh penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden RI tahun 1999 tersebut karirnya semakin mengemuka setelah menduduki posisi Ketua Umum PB HMI. Anas menjadi Anggota Tim Seleksi Parpol Peserta Pemilu 1999 pada tahun 1999. Anas kemudian menjadi Anggota KPU 2001-2005, menjabat Ketua DPP Partai Demokrat tahun 2005-2010, dan yang kini sekaligus sebagai ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR.[mediaindonesia.com]

No comments:

Post a Comment