Monday, February 9, 2009

Cantengan Bikin Tidak Percaya Diri



Ada yang tau dengan penyakit ini ngga ? namanya cantengan. Cantengan adalah infeksi atau luka pada sela-sela kuku jempol kaki jika sudah parah akan bengkak dan mengeluarkan cairan putih baunya sangat tidak sedap. Cantengan ini disebabkan karena kelalaian kita saat memotong kuku yang terlalu dalam sehingga kotoran dan kuman mudah masuk di sela-sela kuku jari kita. Kotoran dan kuman inilah yang dapat menyebabkan infeksi. Aku salah satu korban penyakit cantengan ini. kalau di kampung saya ( Makassar ) orang-orang menyebutnya Sikuyuang.


Penyakit ini bisa menghilangkan rasa percaya diri kita. Kenapa, karena menimbulkan bau yang tidak sedap dan jika tidak segera diobati bisa menimbulkan rasa sakit disepanjang waktu bahkan sepanjang hidup kita.

Aku punya tips untuk bisa mengatasi cantengan ini :
  1. Jangan memotong kuku terlalu dalam / tandas dan biarkan dulu agak panjang baru dipotong.
  2. Jika terjadi pembengkakan coba ke apotik, carilah obat Rivanol. Cara pakainya, jari yang cantengan dibalut dengan perban terus diolesi oleh cairan bening yang berwana kuning ini.
  3. Ada juga tuh obat dari cina kalau ngga salah namanya Arak China, kata orang obat ini lebih manjur.
  4. Biasanya kuku yang dipotong terlalu dalam itu, akan tumbuh kedalam menusuk kulit pinggir jari hingga menyebabkan sakit yang amat sangat. Untuk kasus ini saya sarankan lebih baik operasi saja.


No comments:

Post a Comment