Wednesday, October 12, 2011

Toko Online Terpercaya

Toko Online Terpercaya - Banyak sekali yang ingin berbelanja lewat dunia maya sebab terkenal dengan kemudahan dan kepraktisannya, dimana anda tidak perlu untuk membuang2 waktu keluar dari rumah anda, maka dari itu langsung saja anda lihat berbagai macam info seputar Toko Online di bawah ini.

Karena banyak yang ingin berbelanja barang apa saja yang anda butuhkan hanya lewat laptop atau komputer saja, maka anda menggunakan Toko Online untuk dapat memanfaatkan fasilitas dan kemudahan dengan sekejap saja, tetapi semua itu ada kekurangan dan kelebihannya, nah lihat nih info mengenai Toko Online.


Baik lah, untuk menghindari bertambahnya korban dari toko online palsu ini, saya coba menuliskan beberapa tips yang bisa dijadikan indikasi awal untuk mengetahui apakah penjual toko online tersebut dapat dipercaya atau tidak.Berikut adalah ciri-ciri toko online/online shop yang bertujuan hanya menipu (yang kebanyakan berkedok toko online elektronik murah):

1. Harga terlalu murah dibanding harga pasar. Resep pertama membeli barang elektronik adalah mengetahui harga pasaran dari barang yang mau kita beli dengan mengunjungi website resmi dari produk tersebut dan juga berkunjung ke website yang sudah terkenal baik reputasinya dalam penjualan produk seperti bhinneka atau tokopda. Dengan mengetahui harga pasaran dari suatu produk, kita bisa punya sense apakah harga yang ditawarkan oleh toko onlne penipu itu wajar.

2.Pada umumnya si penjual tidak berlokasi di Jakarta atau kota-kota besar. Keberadaan si penipu yang tidak berada dikota-kota besar digunakan oleh penipu tersebut sebagai alasan untuk tidak melakukan transaksi cash on delivery (COD) karena berdasarkan perhitungan si pencuri, target penipuannya berada dikota-kota besar dengan pertimbangan infiltrasi gadget ada di kota besar tersebut. Trend yang berkembang diantara para penipu itu adalah mereka mengatakan tokonya berasal dari Batam. Hal ini mereka lakukan untuk memperkuat klaim mereka bahwa mereka memperoleh barang tersebut dari Singapura dan tanpa melewati proses bea-cukai sehingga mereka bisa menjual barangnya dengan sangat amat murah. Di sini saya melihat si penipu melakukan social engineering karena kota Batam memang sudah cukup terkenal sebagai surga pembeli elektronik murah.

3. Menolak sistem pembayaran rekening bersama dengan alasan tidak mau ribet. Rekening bersama dibuat dan dikembangkan beberapa komunitas sebagai solusi maraknya penipuan online. Ketidakinginan si penjual menggunakan rekening bersama seharusnya sudah bisa dijadikan faktor kecurigaan kita. Memang perlu diakui banyak penjual online shop jujur tidak menggunakan jasa rekening bersama ini, tapi kalau anda perhatikan, rata-rata penjual tersebut sudah amat terkenal reputasi baiknya, sehingga tanpa rekening bersama pun, dia tetap terpercaya.

4. Menolak pembelian dilakukan secara langsung bertemu atau mekanisme pembayaran COD. Poin ini masih terkait dengan poin nomor 2 di atas di mana si penipu biasanya memilih kota yang tidak banyak dihuni oleh target penipuannya supaya dia dapat berkilah untuk menggunakan mekanisme COD. Beberapa penipu bahkan tetap terang-terangan menolak melakukan transaksi COD dengan calon pembeli yang menyatakan kalau dia satu kota dengan si penjual sehingga memilih COD. Alasan yang paling banyak dipakai si penipu adalah alasan keamanan dari si penjual, karena barang yang dia jual merupakan barang black market, jadi dia takut kalau ternyata si calon pembeli adalah pihak kepolisian yang hendak menjebak.

5. Foto produk dan bukti pengiriman barang dari jasa pengiriman barang biasanya merupakan foto-foto palsu yang dia peroleh dari berbagai forum. Tidak jarang juga si penipu ini salah memasang foto produk, contoh untuk produk Blackberry Onyx, yang dipasang masih foto Blackberry Bold 9000.

Agar informasi ini berimbang, berikut beberapa ciri toko online yang insyaAlloh jujur:

1. mencantumkan alamat lengkap, jelas dan mudah di cari.

2. harga murah yang dicantumkan masih wajar.

3. apabila ada pelanggan mau pembayaran COD, dia terima.

4. Sudah banyak testimonial dari pelanggan-pelanggannya (tapi berhati-hatilah, sebab bisa jadi testimonialnya hanyalah karangan, usahakan melihat testimonial yang ber alamat jelas dan bisa dihubungi.)

5. foto produk biasanya unik, bukan hasil kopi paste dari situs lain

6. usahakan mencari toko online yang terdekat dengan kota anda, jika memang terpaksa barulah membeli pada toko online yang jauh

7. sebelum membeli barang tanyalah teman-teman anda terlebih dahulu barangkali teman anda ada informasi yang bisa anda pakai.

8. usahakan tidak membeli produk elektronik yang katanya berlokasi di BATAM, jika pun benar harganya murah tapi ongkos kirim dari batam akan mahal, dan ujung2nya harganya sama.

Nah kemudian kami akan memberikan beberapa Toko Online terpercaya di bawah ini :www.kemana.com

www.rakuten.co.id

www.berniaga.com

www.tokoonline.net

www.rajagrosir.com

www.jagoanstore.com

tokoonline88.com

dan masih banyak lagi yang lain, dan semoga bermanfaat untuk anda semua, mengenai artikel kami yang berjudul Toko Online, baca juga edisi terbaru lainnya dari kami seperti Agen Bola dan masih banyak lagi yang lainnya, berikan komantar pada kolom yang sudah kami sediakan untuk perkembangan blog kami.

No comments:

Post a Comment